Italia Lolos Ke Final Euro2020 Mengalahkan Spanyol Lewat Adu Pinalti

Italia lolos ke final Euro 2020, mengalahkan Spanyol dalam adu penalti pada Selasa, 4-2. Pertandingan berakhir 1-1 dalam regulasi dengan tidak ada tim yang mencetak gol di periode tambahan. Kedua tim gagal dalam tendangan penalti pertama mereka, dengan Unai Simon menyelamatkan Manuel Locatelli, sementara Dani Olmo benar-benar meleset dari frame, mengirim bolanya ke tribun. Setelah bertukar beberapa tendangan yang baik, kiper Italia Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan besar pada Alvaro Morata pada tendangan keempat Spanyol, dan Jorginho mencetak gol pada upaya kelima Italia untuk mengirim Italia ke final.

Italia — yang akan menghadapi pemenang Inggris-Denmark di final hari Minggu — kembali ke final Euro untuk pertama kalinya sejak 2012. Terakhir dan satu-satunya saat mereka memenangkan final adalah 1968.

Tidak ada tim yang tampil impresif di awal pertandingan, meski Spanyol lebih banyak menguasai bola dan menciptakan peluang terbaik. Peluang terbaik mereka datang di pertengahan babak pertama ketika bola jatuh ke kaki Olmo, tetapi pemain RB Leipzig itu digagalkan oleh penyelamatan Donnarumma yang kuat.

Babak kedua jauh lebih bolak-balik, yang dilihat masing-masing tim, dan kedua tim akan mengambil yang terbaik. Pada sebuah serangan balik yang dimulai oleh Donnarumma, Federico Chiesa berhasil menguasai bola di sudut kotak penalti, menggagalkan Eric Garcia dan membuat Unai Simon membeku di gawang dengan tendangan melengkung pada menit ke-60.

Beberapa saat kemudian, Spanyol memiliki peluang terbaik mereka di babak kedua, hingga saat itu, ketika Koke mengirimkan bola yang menyenangkan melewati garis belakang ke Mikel Oyarzabal, tetapi sundulannya yang diarahkan masih melebar ke tiang jauh.

On datang Morata yang sering dikritik di menit ke-62, dan dia tidak mengecewakan setidaknya dalam regulasi. Pada gol yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Spanyol sepanjang masa dalam sejarah Euro, dia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan 10 menit untuk pergi pada salah satu tujuan turnamen. Setelah turun jauh untuk memulai serangan, Morata berlari ke arah gawang dan menggabungkan umpan balik yang brilian dengan Olmo sebelum mencetak gol dengan mudah ke sisi kiri gawang, memaksa perpanjangan waktu.

Dalam 30 menit tambahan, kedua tim tidak memiliki peluang yang jelas untuk memimpin, menghasilkan adu penalti di mana pahlawan Morata melewatkan upaya terpenting Spanyol dengan tembakan yang diambil dengan buruk yang dapat diselamatkan dengan mudah oleh Donnarumma.

Mungkin Anda Menyukai