Jadwal Siaran Langsung Babak Semi Final Euro 2020

Jadwal siaran langsung babak semi final Euro 2021 akan mempertemukan Italia vs Spanyol, Rabu 07 Juni 2021, dan Inggris vs Denmark, Kamis 08 Juni 2021. Kedua laga tersebut rencananya akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi RCTI dan iNews. Hal menarik dari 3 dari 4 semi finalis yang ada adalah mereka sudah berpengalaman masuk ke babak final Piala Eropa sebelumnya. Hanya Inggris yang belum pernah merasakannya selama ini. Laga pertama akan menyajikan pertemuan antara Italia vs Spanyol.

Laga tersebut dijadwalkan main di Stadion Wembley, London. Italia datang ke babak semi final dengan menyingkirkan Belgia. Kemenangan dengan skor 2-1 diraih oleh Azzurri melalui gol Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne. Dalam sejarahnya, Italia telah 3 kali masuk ke final Piala Eropa. Sayangnya dari 3 kesempatan tersebut, hanya 1 kali Italia bisa mengkonversinya menjadi gelar juara. Momen itu terjadi pada Euro 1968 ketika mereka menjadi tuan rumah. Keberhasilan Italia kala itu tidak diraih dengan mudah.

Karena, butuh laga replay untuk bisa memastikan trofi juara. Italia ditahan imbang Yugoslavia 1-1 di Stadion Olimpico Roma kala itu. Lantaran laga berakhir imbang, maka digelar laga kedua dengan hasil 2-0 untuk kemenangan Italia. Butuh waktu 32 tahun bagi Italia untuk bisa masuk ke final berikutnya. Tepatnya tahun 2000 ketika golden goal David Trezeguet dari Perancis memupus harapan Italia menjadi kampiun. Lantas pada 2012 lalu Italia berhasil masuk ke final lagi ketika bersua Spanyol. Hanya saja kala itu Spanyol terlalu tangguh bagi Italia dengan memenangi laga 4-0 di Kiev, Ukraina. Sementara itu Spanyol menjadi negara kedua yang paling sering masuk ke final Piala Eropa.

Yaitu dengan jumlah 4 kali yang hanya kalah dari Jerman dengan total 6 partisipasi di partai puncak. Spanyol meraih 3 gelar juara dan menjadi jumlah terbanyak bersama Jerman. Gelar-gelar Spanyol mereka raih pada tahun 1964, 2008, dan 2012. Gelar tahun 1964 mereka raih kala mengalahkan Uni Soviet 2-1 di kandan sendiri. Sedangkan tahun 2008 diraih saat menang 1-0 versus Jerman di Vienna, Austria. Dan trofi tahun 2012 didapat saat menggilas Italia 4-0. Satu-satunya kegagalan Spanyol di final adalah ketika Euro 1984. Dua gol Michel Platini dan Bruno Bellone mengandaskan asa juara La Roja kala itu. Semi finalis lain yakni Denmark hanya sekali berhasil menembus babak final.

Hebatnya mereka sukses mengakhirinya dengan gelar juara. Momen itu terjadi pada Euro 1992 yang digelar di Swedia. Potensi Denmark kala itu sudah terlihat dari fase grup ketika mereka berhasil melangkahi Perancis dan Inggris meski hanya menjadi runner-up dibawah tuan rumah. Di semi final, Denmark mengalahkan Belanda melalui babak adu penalti.

Kegagalan Marco van Basten mengeksekusi penalti turut mengantar Denmark lolos ke partai pamungkas. Disana, Denmark ditantang Jerman dalam laga yang digelar di Stadion Ullevi, Gothenburg. Denmark menang 2-0 di laga tersebut berkat gol John Jensen dan Kim Vilfort. Semi finalis terakhir yakni Inggris belum pernah mengecap partai puncak. Capaian tertinggi Inggris hanya menjadi juara ketiga saat mengalahkan Uni Soviet 2-0 di Euro 1968. Inggris tentu akan berusaha keras untuk meraih yang pertama di gelaran Euro 2021 ini. Keuntungan akan berada di pihak mereka lantaran babak semi final dan final digelar di London yang merupakan kandang mereka sendiri.

Mungkin Anda Menyukai